Ads 468x60px

Rabu, 25 Juli 2012

Pendapatan di Bawah Ekspektasi, Saham Apple Anjlok

Ilustrasi
Nilai saham Apple mengalami penurunan pada sesi perdagangan after-hours setelah perusahaan yang bersangkutan melaporkan pendapatan kuartal ketiga tahun fiskal 2012 yang lebih rendah dari ekspektasi.

Dalams sesi tersebut, saham Apple diperdagangkan senilai 570 dollar AS per lembar, melemah 30,92 dollar AS atau lebih dari 5 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya.

Analis Wall Street sebelumnya memperikirakan Apple bakal melaporkan laba per lembar saham sebesar 10.37 dollar AS. Nyatanya, dalam kuartal yang berakhir tanggal 30 Juni, Apple melaporkan laba per lembar saham 9.32 dollar AS. Pendapatan sebesar 35 miliar dollar AS juga meleset dari perkiraan selama tiga bulan itu.

Hal ini sedikit diluar kebiasaan Apple yang seringkali mematok angka perkiraan lebih rendah agar laporan akhir melebihi ekspektasi analis.

Pada kuartal yang sama tahun lalu, Apple melaporkan laba bersih per lembar saham sebesar 7,79 dollar AS dan pendapatan sejumlah 28,6 juta dollar AS.

Margin kotor Apple untuk kuartal ketiga adalah 42,8 persen, naik dari angka tahun lalu sebesar 41.7 persen.

Dari segi penjualan Apple berhasil menjual 17 juta unit iPad di seluruh dunia atau naik sebesar 84 persen dibanding penjualan tahun lalu. Adapun penjualan iPhone dicatat sebanyak 26 juta unit, di bawah ekspektasi analis yang memperkirakan 28 juta unit.

Untuk kuartal yang sedang berlangsung, Apple memperkirakan pendapatan sebesar 34 miliar dollar AS dan laba per lembar saham sebesar 7,65 dollar AS, keduanya berada di bawah angka perkiraan analis.

Artikel Terkait


0 comments :

Posting Komentar