Ads 468x60px

Minggu, 16 Desember 2012

Bos Google: Strategi Apple Rugikan Pengguna


Bos Google
CEO Google Larry Page menyatakan kekecewaannya atas usaha Apple menghambat perkembangan raksasa internet itu. Dia juga merasa bahwa pendekatan "model pulau" yang diterapkan perusahaan berlambang buah itu merugikan dan mengisolasi konsumen.

"Saya pikir akan lebih baik seandainya kita bisa saling bekerjasama dan pengguna tak perlu jadi korban," ujar Page pada Fortune, seperti dikutip oleh Slashgear. Menurut dia, Google ingin agar produk dan jasanya tersedia bagi sebanyak mungkin orang. Kadang Google "diperbolehkan melakukan itu oleh para kompetitornya", di lain waktu mereka "tidak diperbolehkan".

Belakangan, pada update iOS 6, Apple menyingkirkan beberapa layanan Google seperti YouTube dan Google Maps yang diganti dengan software maps buatan Apple sendiri.

Kecenderungan yang ditunjukkan oleh perusahaan lain untuk menghambat Google, menurut Page, bukan hanya merugikan Google namun juga para pengguna secara umum. Dia mengatakan bahwa ekosistem tertutup -seperti iTunes dan iOS App Store- berlawanan dengan semangat dan etos awal internet.

"Internet diciptakan dalam kampus-kampus dan dirancang untuk memudahkan orang-orang dalam bekerja sama. Saya pikir komersialisasi membuatnya seperti sebuah 'pulau' terpencil. Itu sangat disayangkan bagi pengguna," ujar Page.

Artikel Terkait


0 comments :

Posting Komentar